Sebelum Menginap, Pahami Dulu Tipe Kamar Hotel Agar Tak Salah Pilih

Hotel memiliki banyak tipe kamar yang dihargai berbeda pula, sehingga kita bener-benar cermat Tribuners.

dok. Traveloka
Ilustrasi kamar tidur di hotel. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Menentukan kamar hotel yang hendak di pesan untuk menikmati momen liburan bersama keluarga nyatanya tak semudah yang dikira.

Hotel memiliki banyak tipe kamar yang dihargai berbeda pula, sehingga kita bener-benar cermat Tribuners.

Tak jarang ada tamu yang jadi kebingungan saat memesan kamar hotel. Agar lebih mudah saat memesan kamar hotel, baiknya ketahui jenis kamar hotel yang banyak berlaku di Indonesia seperti berikut ini:

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Bedanya Hotel Syariah dan Hotel Konvensional

1. Standard

Seperti namanya, tipe kamar ini biasanya adalah tipe kamar paling dasar yang dimiliki hotel. Kamar tipe standard ditandai dengan harga kamar paling murah.

Umumnya tipe kamar ini juga memiliki pemandangan yang tak istimewa. Di beberapa lokasi dan jenis hotel, tipe kamar ini bahkan tak memiliki jendela.

Tergantung bintang hotel tersebut, kasur kamar standard biasanya berukuran satu jenis kasur ukuran king atau dua kasur ukuran queen.

Untuk fasilitas, tergantung dengan tingkat bintang hotel tersebut. Misalnya untuk bintang tiga, biasanya tersedia kamar mandi dengan shower.

Baca juga: Unik! Di Hostel Neko Hatago Osaka, Kita Bisa Tidur Ditemani Kucing yang Menggemaskan

2. Superior

Tipe kamar ini paling sering disalahartikan di dunia perhotelan. Kamar superior yang tepat seharusnya lebih baik dari kamar standard, baik dari segi interior maupun luas kamar.

Namun kebanyakan hotel justru mengkategorikan kamar superior sebagai kamar dengan pemandangan dan lokasi lebih baik dari kamar standard.

Karena lebih luas, harganya biasanya lebih mahal daripada kamar standard. Fasilitas di kamar jenis superior biasanya selain kamar mandi shower, terdapat minibar, dan juga meja serta kursi.

Kamar Jimbaran Deluxe di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Bali.
Kamar Jimbaran Deluxe di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Bali. (Arsip InterContinental Bali Resort)

3. Deluxe

Ada baiknya bertanya sebelum memesan kamar hotel jenis ini. Sebab arti dari kamar deluxe yang tepat harusnya kamar deluxe memiliki luas lebih lebar, fasilitas dan pemandangan yang lebih baik dari kamar superior.

Namun kenyataanya banyak hotel yang menempatkan peringkat kamar deluxe di bawah kamar superior. Biasanya jenis kamar ini terdapat mini sofa dan meja.

Baca juga: Wajib Tahu, Berikut Waktu yang Pas untuk Check In dan Check Out di Hotel

4. Junior suite

Kamar jenis junior suite dapat dengan mudah diketahui karena ukurannya yang lebih luas dari tipe kamar standard, superior, maupun deluxe.

Penanda lainnya ia memiliki ruang duduk (living room) yang diberi sekat agar ruang tidur (bedroom) tak terlihat. Namun ruang duduk dan ruang tidur masih dalam satu ruangan yang sama.

Tipe kamar Suite Room di The Celecton Hotel Jababeka.
Tipe kamar Suite Room di The Celecton Hotel Jababeka. (Hotel dan Resor Celecton)

5. Suite

Berbeda dengan kamar junior suite, kamar suite memiliki ruang tamu yang berbeda ruang dengan ruang kamar.

Tentunya fasilitas, servis, dan fasilitas yang didapat dari tamu tipe kamar suite jauh berbeda dengan tamu jenis kamar lain.

Baca juga: Intip Perbedaan Twin Bed dan Double Bed saat Menginap di Hotel, Jangan Sampai Salah Pesan

6. Studio

Selain jenis kamar suite, juga ada jenis kamar studio yang umumnya lebih menyerupai kamar apartment dengan tambahan dapur dan peralatan masak.(*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved