Kulineran di Pontianak

Pengen Icip Makanan Khas Timur Tengah Enak dan Terjangkau? Mampir ke Nasii Habib Pontianak Aja

Begitu masuk ke dalam mulut, perpaduan nasi yang berasal dari beras Basmati dengan bumbu sangat nikmat

TRIBUN PONTIANAK
Hafizc Ishak Al Muthahar saat menunjukan sajian nasi mandi ayam yang merupakan satu diantara menu andalan di Nasii Habib. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Tribuners, buat kamu yang pengen cobain makanan cita rasa timur tengah dengan bumbu khas rasa Indonesia dengan harga terjangkau,
Nasii Habib bisa jadi pilihanmu.

Untuk loksinya, Nasii Habib berada di Jalan Tanjung Raya 2, Kota Pontianak, beberapa puluh meter dari lampu lintas simpang empat menuju jembatan Kapuas I Kota Pontianak.

Baca juga: Cobain Enaknya Nasi Campur hingga Produk Packaging Khas Ayam Pak Usu Pontianak

Harga yang ditawarkan juga sangat ekonomis. Satu nampan nasi mandi dengan lauk ayam satu ekor dihargai Rp. 100 ribu, sapi Rp. 150 ribu, dan kambing Rp. 200 ribu, pernampannya bisa dimakan untuk empat orang.

Satu nampannya selain diisi lauk pauk, juga terisi sambal kentang, acar, hingga sambal, juga jeruk nipis, pala hingga kismis.

Baca juga: Cobain Lezatnya Mie Aceh Seulanga Kota Pontianak, Gunakan Bumbu Racing yang Khas

Begitu masuk ke dalam mulut, perpaduan nasi yang berasal dari beras Basmati dengan bumbu sangat nikmat, begitu juga saat melewati tenggorakan, terasa tidak ada yang menyangkut.

Dibalik harga yang ekonomis, ternyata ada alasan dari sang owner Hafizc Ishak Al Muthahar.

Menurutnya, dengan harga yang ekonomis maka masyarakat Indonesia akan bisa merasakan makanan khas Timur Tengah.

Hal ini karena nasi arab atau makanan timur tengah sulit ditemukan dan hanya bisa dinikmati kaum-kaum tertentu dan menjadi komoditi mahal.

"Saya yang memperkenalkan nasi mandi pertama kali di Pontianak. Nasi mandi berasal dari Yaman. Kalau dulu orang taunya nasi arab, nasi yang berempah. Nasi Habib memasyarakatkan masyarakat akan cita rasa timur tengah. Ketika itu nasi arab komoditi mahal bagi orang-orang," ujarnya.

Baca juga: Cobain Ngegrill di Unique Yokk Pontianak, Cita Rasa Beda dengan Bumbu Khas

"Nasii habib ini ingin membiasakan orang akan makanan nasi arab, cita rasa timur tengah, kalau sekarang anda tanya nasi arab ya nasi habib di Pontianak," tambahnya.

Dalam proses pembuatan dan bahan, Habib sapaan akrabnya memastikan jika bahan yang dipakai fresh, langsung dari pasar flamboyan Pontianak.

Kuliner di Nasii Habib Pontianak.
Kuliner di Nasii Habib Pontianak. (TRIBUN PONTIANAK)

"Nasi habib harga ekonomi dengan kualitas terbaik karena yang menjaga kualitasnya saya sendiri. Kami menggunakan bahan yang fresh, tidak menggunakan bahan kimia, semua racikan sendiri. Banyak orang beli bahan jadi baru dimasak. Ada pertanyaan kenapa habib bisa jual murah, karena saya belajar langsung, dan saya meracik sendiri," terangnya.

Habib menjelaskan, ia belajar masak nasi mandi ini saat mengenyam pendidikan enam tahun di Yaman.

Karena hal itulah dia mengetahui sekali mengenai bahan yang digunakan dan mayoritas dapat ditemui di Indonesia.

Untuk menjaga kualitas, nasi mandi itu pun dimasak dan dijaga rasa oleh dirinya langsung dari awal hingga dengan sekarang ini dengan sekali masak untuk 20-30 nampan.

Baca juga: Lagi di Pontianak? Jangan Lupa Mampir ke Bakso PSP Kalimantan, Cita Rasa Lezat Daging Sapi Khas

"Saya sama istri menjaga otentiknya, saya masih kontrol dengan dibantu karyawan kita yang telah 10 tahun bekerja di Arab Saudi. Alhamdulillah saya sudah bertahan satu tahun," ujarnya.

Ditengah pandemi covid 19, Nasi Habib ini pun dapat menjadi alternatif melepas kerinduan masyarakat yang pernah haji umrah dengan masakan arab.

Selain dari pada memang, menurutnya, beras basmati tidak mengandung kolesterol dan akan sangat baik untuk kesehatan. (*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved