Tips Jitu Agar Bisa Kaya Hanya Manfaatkan Uang Belanja

Hal ini tentu bisa menolong Anda agar dapat membatasi keinginan belanja yang tak terkontrol dan menghindari hidup boros.

FREEPIK/SALJU
Ilustrasi berbelanja. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL-
Tribuners, belanja adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun, terlalu sibuk berbelanja bisa saja membuang banyak waktu.

Selain itu, yang paling penting adalah soal uang Anda yang kabur begitu saja karena terlalu boros, tentu membuat keinginan Anda buat kaya makin sulit dicapai.

Padahal niat kita dari awal ialah bagaimana uang yang didapat bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat alias berusaha tidak boros.

Baca juga: Tips Agar Tak Mudah Kepincut Promo Diskon Saat Belanja Online

Semua ini memang dipengaruhi beberapa faktor, namun tetap saja rasanya cukup sulit dihentikan. Berbelanja yang tidak terkontrol seringkali menimbulkan masalah bagi diri kita sendiri.

Tentunya karena beberapa faktor sulit untuk mengatur keinginan ketika berbelanja apalagi jika sudah di tempat belanja. Jika cita-cita kita ingin jadi kaya namun belum bisa mengatur cara belanja, maka hal tersebut cuma jadi angan-angan saja.

Namun kamu tak perlu berkecil hati. Ada cara jitu atur belanja yang bisa bikin kaya, lho. Berikut cara mudah biar kaya hanya dari uang belanja seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca juga: 9 Rahasia Kenapa Diskon Bikin Pembeli Kalap Ketika Belanja di Supermarket dan Mal

1. Budayakan Belanja karena Butuh, Bukan Karena Ingin

Ini adalah langkah awal dan dasar dari mengelola belanja'>uang belanja Anda. Pastikan Anda membelanjakan uang karena kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan karena keinginan semata.

Anda harus mengutamakan kebutuhan tersebut dibanding keinginan lain. Ambil contoh jika sedang berada di mall atau toko, seringkali ada banyak produk yang terlihat bagus sehingga ingin dibeli.

Anda harus bisa menahan diri agar mengutamakan hal yang dibutuhkan ketimbang keinginan semata. Dengan cara itu, pengeluaran Anda bisa ditekan dan uangnya ditabung untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Baca juga: Simak, Tips Cerdas Sebelum Membeli Koper

2. Pikirkan Barang Berkali-kali Barang yang akan Dibeli

Sebelum berbelanja, pastikan Anda memikirkan matang-matang barang apa yang akan dibeli. Jangan belanja karena spontan ketika sudah sampai di tempat belanja dan membeli barang semaunya tanpa pikir panjang.

Hal ini justru akan merugikan diri Anda karena membuang-buang waktu dan berpotensi membuang uang secara percuma. Sebab kemungkinan besar Anda akan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Baca juga: 5 Jam Tangan Brand Lokal Warna Hitam untuk Traveling, Pilih Mana?

3. Buat Daftar Belanja Sebelum Membeli

Bila Anda tidak terbiasa memikirkan barang belanjaan, tidak ada salahnya untuk membuat daftar belanja saja. Daftar belanja membuat kegiatan belanja Anda bisa tersusun rapi dan keuangan Anda menjadi lebih terkontrol.

Sebab Anda tahu apa yang dituju dan akan dibeli ketika sesampainya di supermarket. Hal ini tentu bisa menolong Anda agar dapat membatasi keinginan belanja yang tak terkontrol dan menghindari hidup boros.

4. Siapkan Uang Belanja Secukupnya

Selain menyiapkan daftar belanja, penting juga untuk membawa uang secukupnya untuk berbelanja. Hal ini penting agar keinginan belanja Anda bisa direm dengan tepat dan menghindari hidup boros.

Selain itu kebiasaan ini bisa membuat Anda hidup hemat dan uang yang masih ada bisa ditabung dan digunakan untuk hal yang lebih penting lainnya. Cara di atas bisa dilakukan ketika Anda menyiapkan uang tunai sebelum berangkat berbelanja.

Jika menggunakan kartu kredit, Anda bisa batasi penggunaan kartu kredit sebelum akhirnya membengkak. Jumlah pengeluaran yang berkurang tentu akan membuat uang Anda tetap stabil dan bisa digunakan untuk tabungan Anda.

Ilustrasi belanja buah.
Ilustrasi belanja buah. (Jupiterimages)
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved