Lagi di Pontianak? Jangan Lupa Mampir ke Bakso PSP Kalimantan, Cita Rasa Lezat Daging Sapi Khas

Cita rasa dan resep turun temurun sejak 1971 diyakini akan membuat konsumen ataupun pecinta kuliner ketagihan..

TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Akiong Tjhang ayah dari Owner Bakso PSP Kalimantan, Willy saat membuat varian bakso di tokonya yang berada di Jalan Sultan Abdurahman Kota Pontianak belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Di kala hujan ataupun tidak, sajian semangkok bakso memang paling enak dinikmati sendiri ataupun bersama keluarga.

Nah, satu diantara jenis makanan yang berbentuk bola daging khas masakan Indonesia ini selalu menjadi kuliner populer lo Tribuners.

Varian makanan yang terbuat dari campuran daging sapi giling, tepung tapioka, dan berbagai bumbu lainnya ini sangatlah cocok jika dinikmati dengan kuah panas yang telah berkaldu, terlebih dicicip bersama sayuran hingga tahu.

Baca juga: Pak Sabar, Baksonya Bikin Nagih!

Untuk di Kota Pontianak, satu diantara tempat bakso yang wajib kamu kunjungi ialah Bakso PSP Kalimantan yang berada di Jalan Sultan Abdurahman Kota Pontianak

Bakso PSP Kalimantan tepat berada di sebelah Bank Syariah Indonesia dan dekat Jalan Putri Dara Nante Kota Pontianak.

Cita rasa dan resep turun temurun sejak 1971 diyakini akan membuat konsumen ataupun pecinta kuliner ketagihan dan merasakan hal yang berbeda.

Owner Bakso PSP Kalimantan, Willy mengatakan usaha bakso PSP ini dimulai dari sang kakek Tjhang Fo Lin di tahun 1971, kemudian diteruskan oleh lima anaknya, yakni Akiong Tjhang, Setiawan, Tony, Stefanus, Yohanes.

Baca juga: Begini Penyajian Bakso Sapi Bakmi Ayam 68, Dilempar Hampir 2 Meter!

Untuk di bakso PSP Kalimantan di Jalan Sultan Abdurahman, dibuka tahun 1993 oleh Akiong Tjhang yang kini diteruskan Willy.

Sementara untuk keempat Akiong Tjhang juga berjualan varian bakso PSP namun ditempat berbeda yakni di kawasan PSP Pontianak, Jalan Merdeka Pontianak, di Kabupaten Melawi, dan di Banjarmasin.

Selain daripada itu, bakso PSP juga buka di Sekadau oleh sepupu Willy yang bernama Silvia.

Akiong Tjhang generasi kedua yang menjual Bakso PSP Kalimantan Jalan Sultan Abdurrahman.
Akiong Tjhang generasi kedua yang menjual Bakso PSP Kalimantan Jalan Sultan Abdurrahman. (TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA)

Untuk di Bakso PSP Kalimantan ini, tidak hanya varian bakso bulat yang tersedia, namun juga varian bakso gepeng yang menggunakan daging has dan paha sapi.

"Pertama kali ada bakso gepeng ya ada di PSP, mulai tahun 1971 sudah ada. Bakso varian gepeng ini resep dari almarhum kakek. Resep bumbu yang digunakan dari turun menurun," ujarnya.

Walaupun resep sama, Willy mengatakan tentu setiap cabang mempunyai rasa yang berbeda. Dia pun memastikan Bakso PSP Kalimantan miliknya akan memanjakan lidah para konsumen.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Tempat Makan Ramen Enak di Pontianak

"Resepkan dari almarhum kakek nurunkan, mungkin ada modifikasi rasa, ditiap cabang mempunyai rasa yang berbeda-beda, mulai dari kuahnya, ataupun baksonya," tuturnya.

Walaupun memang seorang Tionghoa, Willy memastikan produk bakso yang dijualnya halal, menggunakan bahan-bahan pilihan untuk menjaga kemurniannya bahkan untuk penggilangan bakso juga masih dibuat sendiri.

"Bakso PSP menggunakan daging sapi, 100 persen halal," katanya.

Semenjak covid 19, semangkok bakso yang dipatok harga dari Rp. 25-35 ribu ini juga terdampak.

Sebelum covid, Willy mengatakan Bakso PSP Kalimantan miliknya bisa menjual 300-400 mangkok perhari, namun sekarang dipandemi covid 19 jauh turun jadi 100-150 mangkok saja.

Baca juga: Cobain Nasi Telur Ceplok Ayong, Kuliner Nikmat dan Laris di Pontianak

Untuk diketahui pula, selain dari bakso juga ada varian menu Mie Yamin, mie yang diaduk dengan kecap asin dan manis, kuahnya dibuat dengan bakso terpisah dari mie.

Mienya juga bisa sesuai request konsumen baik mie kuning, dan kwetiau. Sementara untuk varian Kwetiau, Bakso PSP Kalimantan menjual kwetiau daging bakso.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved