Jarang Diketahui Wisatawan, Berikut 4 Jenis Kereta di Indonesia

KA Reguler tersebut biasanya memiliki beberapa kereta atau gerbong yang dikhususkan seperti kereta wisata, kereta luxury, dan kereta istimewa.

Instagram/ @ilhamraihanarr_
Rangkaian gerbong Kereta Api Argo Wilis. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Tribuners, jarang diketahui ternyata kereta api jarak jauh di Indonesia memiliki beragam jenis lo.

Biasanya, penumpang hanya tahu KA Reguler dengan kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif.

Padahal, PT KAI, operator kereta api di Indonesia, punya beberapa kereta yang boleh dibilang jarang diketahui orang.

KA Reguler tersebut biasanya memiliki beberapa kereta atau gerbong yang dikhususkan seperti kereta wisata, kereta luxury, dan kereta istimewa.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan terdapat beberapa kereta atau gerbong yang jarang diketahui oleh wisatawan.

Setidaknya terdapat tiga kereta khusus yang memiliki fungsinya masing-masing.

Baca juga: Berikut 5 Tempat Wisata Menarik dan Menyenangkan yang Ada di Roma

Baca juga: Murah Meriah, Begini Penampakan Nasi Goreng di Pati Seporsi Cuma Rp 3 Ribu

Ada kereta sleeper untuk tidur, delapan kereta wisata, dan satu lagi kereta istimewa," kata Edy.

Selain itu, Edy mengatakan penumpang juga bisa memesan satu kereta langsung ke tujuan yang dinginkan.

"KAI juga melayani pemesanan rombongan di mana bisa memesan satu kereta atau bahkan satu rangkaian untuk langsung ke titik-titik yang diinginkan," ujarnya.

Adapun ketika perjalanan kereta, penumpang juga bisa melakukan rapat, diskusi, reuni, gathering, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya di kereta tersebut.

Berikut jenis kereta-kereta khusus yang jarang diketahui:

1. Kereta Istimewa

KAI meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari 2 (dua) kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang.
KAI meluncurkan kereta komersial privat yang dinamakan Kereta Istimewa. Satu rangkaian Kereta Istimewa terdiri dari 2 (dua) kereta berjenis KRD dengan total kapasitas 40 penumpang. (KOMPAS.com / AMIR SODIKIN)

Kereta satu ini cocok untuk melakukan rapat bisnis, reuni, event, dan rekreasi keluarga. Kereta Istimewa tidak dirangkai dengan KA Reguler, dan bisa dipesan ke berbagai rute jarak menengah.

Berkapasitas 40 orang, kereta ini memiliki fasilitas di antaranya AC, ruang rapat, lounge, mini bar, stop kontak, karaoke, mushola, dan toilet.

Kereta ini baru diresmikan pada 28 September 2019 lalu tepat pada hari ulang tahun PT KAI ke-74.

Selain itu kereta ini juga terdiri dari dua gerbong yang berjenis KRD. Salah satu gerbongnya memiliki meja panjang untuk kepentingan rapat, yang dilengkapi kursi empuk dengan sentuhan klasik yang elegan.

Layar lebar dan proyektor untuk presentasi juga disediakan. Kemudian, gerbong lainnya menyediakan sofa duduk layaknya ruang tamu, dan dilengkapi dengan meja-meja yang lebih kecil untuk menampung grup kecil.

Baca juga: Intip 5 Makanan Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan Arkeolog

2. Kereta Lokal

Kereta commuter line melintas di perlintasan kereta api Mangga Dua, Jakarta Utara.
Kereta commuter line melintas di perlintasan kereta api Mangga Dua, Jakarta Utara. (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

PT KAI memiliki tiga kereta lokal yang dapat membantu mobilitas di satu daerah seperti Kereta Rel Listrik (KRL), Kereta Rel Diesel (KRD), dan LRT.

Kereta Rel Listrik atau KRL berada di rute sekitar Jabodetabek. Kereta ini memiliki kapasitas satu gerbong untuk 54 penumpang. Kemudian, untuk satu rangkaian yang berjumlah 10 gerbong memiliki total kapasitas hingga 540 orang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved