Coffee Shop

Obati Kerinduan Akan Tanah Air, 3 Coffee Shop Asal Indonesia Ini Ada di Luar Negeri

Selain membuka cafe di Jakarta dengan konsep unik, berbagai upaya telah dilakukan untuk memperkenalkan biji kopi asal Tanah Air.

Dok. Unsplash/ Firza Pratama
Ilustrasi kedai kopi. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Indonesia tak hanya kaya akan budaya serta tradisinya saja. Negara seribu pulau ini juga merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.

Sejak ditanam di Indonesia saat masa penjajahan Belanda, kopi kini menjadi salah satu komoditi besar yang bisa di eksplor ke luar negeri.

Selain membuka cafe di Jakarta dengan konsep unik, berbagai upaya telah dilakukan untuk memperkenalkan biji kopi asal Tanah Air.

Salah satunya adalah dengan membuka cabang kedai kopi lokal di luar negeri. Bagi kamu yang sedang tinggal di luar negeri, mungkin kedai kopi berikut ini bisa mengobati kerinduan akan Tanah Air. 

1. Kopi Kalyan, Tokyo

Satu di antara kedai kopi lokal asal Jakarta, Kopi Kalyan berhasil melebarkan sayapnya dan membuka cabang di Tokyo, Jepang pada 24 Desember 2020 lalu.

Tidak banyak perbedaan, Kopi Kalyan Tokyo menawarkan menu andalan yang serupa dengan yang ada di Jakarta seperti Caffe Latte, Flat White, Piccolo, Long Black, Cappucino, Affogato, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang bukan penikmat kopi, jangan khawatir. Kopi Kalyan juga menyediakan menu non-coffee seperti Chai, Black Tea, Mango Tea, Green Tea Latte.

Baca juga: Baca Ini Sebelum Berlibur ke Luar Negeri!

Baca juga: 5 Lokasi Honeymoon Romantis di Indonesia, Bikin Makin Mesra dengan Pasangan

Bahkan Smoothies dan lain sebagainya.  juga tersedia. Kedai kopi ini juga memberikan pilihan pastry yang bisa kamu nikmati. 

Sejak 1947 Kehadiran kedai kopi Kalyan Tokyo mendapat sambutan hangat terutama dari warga Indonesia yang berada di Jepang, karena dapat menikmati cita rasa Tanah Air meskipun dari secangkir kopi.

2. Tanamera Coffee, Singapura

Kedai kopi berikutnya yang berhasil membuka cabang di luar negeri adalah Tanamera. Tanamera resmi membuka gerai pertamanya di Singapura pada bulan Oktober 2020 lalu.

Americano, Piccolo, Daily Brew, Latte, Flat White. Tak lupa juga menu specialty seperti Cold Brew, Cold White, dan Cold White Caramel merupakan menu andalan dari Tanamera Coffee yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sini.

Kopi Tanamera.
Kopi Tanamera. (Dok. Tanamera)

Selain minuman, kedai kopi ini juga menjual berbagai varian makanan seperti Omelet, Toast, Burger, Pasta, dan Rice Bowl.

Tanamera kopi memiliki suasana yang nyaman dan Instagramable. Didominasi dengan warna hitam dan merah membuat kedai kopi ini terasa homey dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Tanamera menggunakan 100 persen biji kopi terbaik asli Indonesia yang akan kampung halaman. Selain kopi, kedai ini juga menyediakan hidangan non kopi dan juga makanan.

Baca juga: Resep Fruit Sando, Sandwich Buah Jepang yang Simpel Buat Sarapan

Baca juga: Tampilan yang Estetik, Dalgona Coffee Sering Mejeng di Media Sosial

3. Dua Coffee, Washington DC

Dua coffee merupakan kedai kopi lokal pertama yang berhasil membuka cabang di Amerika Serikat, tepatnya Washington DC.

Kedai kopi ini terkenal akan penyajian kopinya yang berbeda dan tentunya menggunakan biji kopi asli Indonesia.

Menu yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari menu berbahan dasar kopi, non-coffee, bahkan camilan.

Ilustrasi kopi.
Ilustrasi kopi. (Dok. Unsplash/ Ahmad Kartubi)
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved