Lion Air

Mulai Berlaku! Penerbangan Lion Air Tujuan Jakarta dan Batam, Gratis Bagasi

barang bawaan penumpang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandara(check-in counter) setelah ditimbang

Instagram/@lionairgroup
Ilustrasi maskapai Lion Air. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL-Tribuners, maskapai penerbangan Lion Air akan memberikan layanan gratis bagasi 15 kilogram (kg) untuk penerbangan pergi-pulang (PP) Jakarta dan Batam, berlaku mulai Senin (22/2/2021).

Layanan berlaku hingga informasi lebih lanjut. Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima pada Senin, fasilitas tersebut sebagai bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage).

Artinya, barang bawaan penumpang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandara (check-in counter) setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat.

Baca juga: Menarik untuk Dikunjungi, Intip Pesona Pulau Berwarna Ungu di Korea Selatan

Layanan gratis bagasi 15 kg berlaku khusus untuk pemesanan awal sebelum keberangkatan (prepaid baggage) pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani PP meliputi:

• Jakarta-Batam-Jakarta, keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK)

• Batam-Jakarta-Batam, keberangkatan dari Bandara Internasional Hang Nadim di Batu Besar, Pulau Batam, Kepulauan Riau (BTH)

Namun untuk menikmati layanan tersebut, terdapat sejumlah ketentuan yakni sebagai berikut:

• Calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan dengan periode pemesanan dan penerbangan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya

• Bagasi gratis 15 kg didapatkan saat melakukan pembelian/pemesanan tiket secara daring atau langsung ke kantor penjualan Lion Air, agen mitra perjalanan, dan lainnya

• Untuk pembelian/pemesanan tiket secara daring lewat www.lionair.co.id, online travel agent (OTA), dan Call Center harus memilih menu “bagasi gratis 15 kg” yang memiliki nominal Rp 1

• Untuk pembelian/pemesanan tiket secara langsung, wajib menyampaikan bahwa calon penumpang membutuhkan bagasi gratis 15 kg Proses mendapatkan gratis bagasi 15 kg dilakukan maksimal enam jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Rute Baru Lion Air Manado-Timika (PP), Mulai 11 Januari 2021

Baca juga: Lion Air Grup Perluas Lokasi Rapid Test Antigen, Ini Dia Jadwal dan Lokasinya

Sementara itu, calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat yang dipesan dan diterbitkan mulai Senin juga bisa mendapatkan layanan tersebut dengan cara berikut:

• Mengisi atau memasukkan kode pemesanan tiket pada tahap pemilihan bagasi 15 kg dalam situs resmi maskapai, atau;

• Menunjukkan kode pemesanan tiket lewat kantor pernjualan Lion Air Group Lihat Foto Pesawat Lion Air Boeing 737-800NG.

Demi kenyamanan penumpang, petugas check-in akan mengukur bagasi pada pos pemeriksaan untuk memastikan bahwa bagasi memenuhi syarat.

Jika bagasi melebihi 15 kg, maka penumpang membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.

Bagi bayi yang tidak berhak atas kursi, kereta bayi lipat, kursi dorong yang bisa dilipat, atau keranjang bayi atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi.

Namun, barang-barang tersebut juga bisa diterima sebagai bagasi kabin penumpang tergantung ukuran, dimensi, dan ketersediaan ruang.

Penerbangan bersama maskapai Lion Air.
Penerbangan bersama maskapai Lion Air. (Instagram/@lionairgroup)

Sementara itu, bagi penumpang yang hendak membawa barang bawaan ke kabin (hand carry), terdapat sejumlah aturan yang berlaku yakni sebagai berikut:

• Setiap penumpang (kecuali bayi) boleh membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg, dan satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, kamera, atau tas jinjing wanita

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved