Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kelenteng Tiga Dewa Dewi Pontianak

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta merupakan cagar budaya yang dimiliki Kota Pontianak yang berdiri sejak 1829.

Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Rizki Fadriani
TribunPontianakTravel.com/Rizki Fadriani
Masyarakat Tionghoa lakukan sembahyang di Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Kamis (11/2/2021). 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL - Vihara Bodhisatva Karaniya Metta merupakan cagar budaya yang dimiliki Kota Pontianak yang berdiri sejak 1829.

Kelenteng yang juga dikenal dengan sebutan Kelenteng Tiga Dewa Dewi ini merupakan gabungan dari Kelenteng Dewi Samudera (Macou) dan Kelenteng Putera Naga (Tai Ce Ya) yang berada di Jalan Teng Seng Hie dan Kam Tian Tai Tie (Tua Pek Kong) berada di Parit Pekong.

Baca juga: Sambut Tahun Baru Imlek Sejumlah Kelenteng Telah Selesai Melakukan Persiapan

Baca juga: Bingung Ingin Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, Berikut Ucapan Imlek dari Berbagai Bahasa!

Dikutip dari Tribun Pontianak, sejarah Tiga Dewa Dewi berada di Kalbar hingga sekarang telah melewati perjalanan waktu lebih dari 340 tahun. Sejarah ini turut berkembang seiring dengan perjalanan leluhur yang datang dari Tiongkok ke Kalbar, tanah yang begitu indah dan permai.

Sejak tahun 1673, pot sembahyang "Langit Bumi" tempat gaharu sudah ada di Pontianak, Kalimantan Barat, dan tahun 1978 Lonceng Kam Tian Tai Tie (Tua Pek Kong) juga sudah ada di Pontianak.

Kelenteng Tiga Dewa Dewi (Sa Sin Keng) didirikan tahun 1906. Sebelum Kelenteng Tiga Dewa Dewi dibangun, Kelenteng Dewi Samudera (Macou) dan Kelenteng Putera Naga (Tai Ce Ya) masih berada di Jalan Teng Seng Hie dan Kam Tian Tai Tie (Tua Pek Kong) berada di Parit Pekong.

Jika penasaran, Tribuners dapat langsung berkunjung langsung ke Vihara Bodhisatva Karaniya Metta yang berlokasi di Jalan Kapten Marsan No.33, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Dan jangan ragu untuk bertanya-tanya, karena pengurus Kelenteng akan dengan senang hati memberikan informasi yang kalian perlukan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved