Destinasi Wisata Gunung Gamping

Sebelum Berwisata ke Gunung Gamping Karanganyar, Simak Harga Tiket Masuk dan Rutenya

Ciri khas perbukitan dengan batuan gamping yang dilengkapi beberapa spot foto menghadap pemandangan indah, serta momen sunrise dan sunsetnya...

Kompas.com/Anggara W. Prasetya
Gunung Gamping Tawangmangu. 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL- Kalau berbicara destinasi wisata di Jawa Tengah, tidak ada habisnya. Selalu saja, ada tempat wisata  yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Satu di antarnya Gunung Gamping yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Ciri khas perbukitan dengan batuan gamping yang dilengkapi beberapa spot foto menghadap pemandangan indah, serta momen sunrise dan sunsetnya menjadikan tempat wisata ini patut jadi alternatif wisata alam di kawasan Tawangmangu.

Wisata Gunung Gamping terletak di kaki Gunung Lawu, Desa Bandardawung, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tepatnya di pinggir jalan Matesih-Tawangmangu.

Baca juga: Sebelum Traveling, Baca Doa Ini Agar Senantiasa Diberi Perlindungan dan Keselamatan

Baca juga: Masih Belum Rampung,Kadispar Samosir Imbau Masyarakat Tidak Berkunjung ke Bukit Sibea-bea

Rute menuju Gunung Gamping Tawangmangu

Jika berpatokan dari Pasar Wisata Tawangmangu, maka kamu hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer menuju Gunung Gamping ini.

“Dari Pasar Tawangmangu itu turun, menuju ke arah barat. Itu kurang lebih kalau naik kendaraan ya 10 menit lah sampai. Dari Matesih kurang lebih 15-20 menit itu kalau jalannya kendaraan santai,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dwi Hargo Gunung Gamping Aziz Purwanto pada Kompas.com, Sabtu (20/1/2021).

Menurut Aziz, jalur menuju ke Gunung Gamping relatif sudah bagus dan tidak terlalu ekstrem. Secara fisik, tidak ada kendala yang berarti untuk jalannya.

Gunung Gamping Tawangmangu.
Gunung Gamping Tawangmangu. (Kompas.com/Anggara W. Prasetya)

Namun karena melewati kawasan pemukiman warga desa, maka jalannya pun tidak terlalu luas. Jalanan bisa dilewati mobil dan motor dengan mudah. Bahkan mobil elf pun masih masuk.

Sementara bus masih tidak bisa melewati jalanan tersebut terus hingga ke tempat parkir wisata Gunung Gamping.

“Kalau bus rencananya bisa parkir di sebelah utara Lapangan Sepanjang. Nanti parkir di situ, kemudian masuknya sampai ke lokasi kita adakan ojek atau jeep. Itu rencana ya, belum jalan tapi,” tutur Aziz.

Sesampainya di tempat parkir yang tersedia, wisatawan juga masih harus berjalan kaki mendaki tangga yang sudah disediakan pengelola untuk bisa mencapai kawasan wisatanya dan bisa melihat pemandangan indah.

Diperlukan waktu sekitar 3-5 menit saja untuk mendaki tangga. Namun karena kondisi tangga cukup curam, maka disarankan untuk benar-benar mempersiapkan fisik sebelum berkunjung.

Baca juga: Hobi Thrifthing, Wajib Kunjungi Pasar Gedebage Bandung

Baca juga: Pecinta Adrenalin Jangan Lewatkan Wisata Ekstrim Yogyakarta Berikut ini!

Harga tiket masuk dan jam buka Gunung Gamping Tawangmangu

Menurut Aziz, kawasan wisata Gunung Gamping sebenarnya tidak memungut biaya tiket masuk kepada pengunjung.

Namun, pengunjung diminta membayar biaya kebersihan sebesar Rp 2.000. Biaya tersebut tidak termasuk tarif parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Berpose di puncak tebing di Gunung Gamping Tawangmangu.
Berpose di puncak tebing di Gunung Gamping Tawangmangu. (Dok. Wisata Alam Gunung Gamping Tawangmangu)

Jika ingin berkemah di sana, pengunjung hanya perlu membayar Rp 30.000 per tenda kecil.

Saat ini, pengelola belum menyediakan penyewaan alat-alat kemah. Wisata Gunung Gamping buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved