Spot Bromo

Wisata ke Bromo, Jangan Lewatkan Spot Berikut!

Wisata Gunung Bromo sudah dibuka lho Tribuners,kalian bisa menjadikan Gunung Bromo ini sebagai destinasi wisata.

Editor: Rizki Fadriani
Instagram//RvllySubekti
Nikmati golden sunrise di Bukit Kingkong atau Kedaluh,Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). 

TRIBUNPONTIANAKTRAVEL - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sudah dibuka lho Tribuners, Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) sudah mengeluarkan surat edaran akan kembali membuka aktivitas wisata Bromo mulai Jumat (28/8/2020) pukul 13.00 WIB. Bagi kalian yang selama ini merasa bosan dan bingung ingin kemana, bisa menjadikan Gunung Bromo ini sebagai satu di antara destinasi wisata.

Meskipun telah dibuka, kalian jangan sampai melupakan protokol kesehatan dan terlebih dahulu harus memesan via online untuk dapat mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

Baca juga: Miliki Sifat Antioksidan, Antiradang, dan Antibakteri, Jahe Bantu Jaga Tubuh

Karena sudah berlama-lama di rumah, untuk mengingat kembali tempat atau spot mana saja yang menarik di Bromo, berikut Group Kompas telah merangkum spot-spotnya.

Site Pananjakan

Site paling favorit dan utama dari Gunung Bromo yaitu puncak Pananjakan. Spot ini merupakan puncak tertinggi untuk bisa melihat matahari terbit atau sunrise ke arah Kaldera Tengger.

Lokasi di spot ini begitu dingin, oleh karena itu kamu sudah harus siap dengan perlengkapan pelindungi diri dari dingin seperti syal, kupluk, dan sarung tangan.

Jika belum membawa, kamu bisa membelinya di penjaja atau warung-warung yang menjual perlengkapan anti dingin itu. Terdapat fasilitas di Puncak Pananjakan seperti mushala, toilet dan warung-warung penjaja makanan serta perlengkapan anti dingin.

Baca juga: Bakmi Godhog dan Kuliner Jogja Lainnya Ada di Sini, Bakmi Jowo Timbul Roso!

Lokasi puncak ini berupa tribun 10 tingkat yang berbentuk setengah lingkaran menghadap ke timur.

Siap-siap saja jika ke sini, kamu akan merasakan terpaan angin menjadi semakin kencang dan tentu saja suhu udara lebih dingin. Selama era pandemi, kuota pengunjung di Site Pananjakan dibatasi hanya 178 orang per harinya.

Sembari menunggu perjalanan menggunakan jeep, kalian dapat menikmati panorama yang memukau di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Sembari menunggu perjalanan menggunakan jeep, kalian dapat menikmati panorama yang memukau di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (Instagram//RvllySubekti)

Site Bukit Cinta

Spot lain untuk menikmati matahari terbit di Bromo adalah Bukit Cinta. Sama-sama terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Bukit Cinta memiliki ketinggian 2.680 mdpl.

Lokasi ini sudah populer di telinga wisatawan. Jika baru pertama ke sini, kamu akan menemukan tembok besar bertuliskan "Love Hill Bromo Tengger".

Baca juga: Rindu Jogja, Bakmi Jowo Timbul Roso Wajib Dicoba!

Tempat itu biasa dijadikan spot foto pertama ketika tiba di Bukit Cinta. Wisatawan sudah bisa melihat Kaldera Tengger, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren.

Spot Bukit Cinta juga bisa terlihat puncak tertinggi pulau Jawa yaitu puncak Mahameru.

Tempat ini juga biasa digelar upacara adat masyarakat Suku Tengger. Selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), kuota pengunjung dibatasi 28 orang per harinya.

Bukit Teletubbies dinikmati dengan cara berkuda, dapat menambah keseruan liburanmu di Bromo.
Bukit Teletubbies dinikmati dengan cara berkuda, dapat menambah keseruan liburanmu di Bromo. (Instagram//RvllySubekti)

Site Bukit Kingkong atau Kedaluh

Site ketiga yang wajib dikunjungi di Bromo adalah Bukit Kedaluh atau biasa juga dikenal Bukit Kingkong. Spot ini dinamakan Bukit Kingkong karena bentuk bukit yang jika diperhatikan kembali, mirip seperti wajah Kingkong.

Lokasi Bukit Kedaluh atau Kingkong ini berada 1 bukit di bawah Puncak Pananjakan.

Jaraknya sekitar 800 meter sampai 1 kilometer untuk sampai ke puncak Pananjakan. Wisatawan harus menanjak 100-200 meter untuk dapat menuju Bukit Kingkong dan melihat sunrise dan pemandangan Gunung Bromo dengan jelas.

Baca juga: Nikmati Kesegaran Ahkratom Borneo Green Tea Jeruk Pontianak dari Seduhan Daun Kratom Khas Kalbar

Bukit ini juga menjadi titik paling ramai antrian Jeep sebelum sampai puncak Pananjakan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved